Belajar Sambil Berwisata Di Rumah Atsiri Indonesia

Kota Solo dan sekitarnya memang seakan tak ada habisnya untuk di eksplore. Mulai dari event, kuliner, kerajinan, tempat wisata, dan masih banyak lagi. Kali ini akan membahas salah satu wisata dengan mengusung konsep wisata edukasi alam. Yaitu Rumah Atsiri Indonesia. Rumah Atsiri terletak di Jl. Raya Solo – Tawangmangu Km 38,5 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar. Untuk menuju lokasi Rumah Atsiri, memerlukan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota Solo.

Rumah Atsiri Indonesia tergolong salah satu destinasi wisata terbaru karena baru saja di buka pada bulan Mei 2018. Ternyata Rumah Atsiri Indonesia memiliki sejarah panjang didalamnya. Dahulu, tempat ini merupakan proyek mercusuar Presiden Soekarno pada tahun 1963. Bekerjasama dengan pemerintah Bulgaria, pembangunan pabrik minyak atsiri “Citronella” dimaksudkan untuk menjadi pabrik minyak atsiri terbesar di Asia pada masa itu. Dikarenakan terbengkalai dan tidak sesuai dengan rencana, pabrik minyak atsiri beberapa kali beralih kepemilikan. Hingga tahun 2015, PT. Rumah Atsiri Indonesia mengambil alih kepemilikan.  Dan dibangunlah Rumah Atsiri yang sekarang.

Rumah Atsiri Indonesia memiliki luas sebesar 23660 m². Terdiri dari Museum Atsiri, Coffe Shop, Restaurant, Merchandise Shop, Taman Atsiri, Kids Lab, MICE, dan wisma. Yang menjadi favorit dari pengunjung adalah Taman Atsiri. Di Taman Atsiri anda akan disambut dengan kebun bunga dengan warna warni cerah yang tertata rapi. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang instagramable.

Sesuai dengan konsep Rumah Atsiri yang berupa wisata edukasi, disini juga bisa belajar mengenai Sejarah Arsitektur, Sejarah tanaman Atsiri, dan melihat museum yang mengulas tentang Minyak Atsiri / Essential Oil. Untuk anak-anak juga tersedia Kids Lab atau Citronella Science Lab. Dimana anak-anak dapat belajar cara mengolah tanaman Atsiri. Hingga menjadi produk-produk seperti parfume, sabun, aromateraphy, lilin, dan masih banyak lagi.

Di Rumah Atsiri, jangan khawatir jika merasa lapar saat sedang asik mengesplor Rumah Atsiri. Disana tersedia café yang mengusung konsep Grab and Go. Jadi memudahkan pengunjung membeli makanan dan minuman tanpa perlu lama menunggu. Serta kemasannya dapat dibawa jalan-jalan menyusuri Rumah Atsiri.

Jika ingin makan dengan santai, tersedia restaurant yang mengusung konsep Healthy and Tasty.Bagi pengunjung yang ingin bersantap sambil menikmati udara khas pegunungan dan pemandangan di sekitar Rumah Atsiri, bisa memilih lokasi restaurant yang outdoor. Bagian resto indoor pun tak kalah nyaman. Dilengkapi dengan kaca jendela yang besar dan bersih, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dari dalam resto.

Anda juga bisa membeli produk-produk dari hasil Rumah Atsiri di Merchandise Shop. Tak hanya produk Rumah Atsiri, produk-produk khas Tawangmangu, Karanganyar juga tersedia disana. Jika anda berniat untuk berlibur selama beberapa hari di rumah Atsiri, juga tersedia wisma yang tak kalah dengan hotel-hotel lainnya.

Tertarik dengan Rumah Atsiri? Anda bisa menikmati fasilitas ini dengan harga tiket masuk Rp 50.000,00 dalam bentuk voucher. Voucher ini bisa ditukarkan dengan makanan atau minuman di Rumah Atsiri. Rumah Atsiri buka tiap hari pada pukul 10.00 – 17.00 WIB. Khusus sabtu dan minggu buka pada pukul 10.00-18.00 WIB.